04.18

Handphone High End

Diposting oleh Yorri Farli



Samsung meluncurkan ponsel Samsung Innov8 atau seri i8510 untuk meningkatkan penetrasinya di pasar ponsel high end (kelas atas) di kawasan Asia Tenggara. Jeong Wook Kim, Vice President & Chief Marketing Office Samsung Asia, mengatakan ponsel kelompok high end tersebut lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, terutama kelompok bisnis yang memerlukan layanan multimedia sekaligus infotainment.

Sumber : www.javaseafood.com/news_detail.php?id=9633&sub=infohp - 142k

"Saat ini pangsa pasar ponsel kelompok high end di kawasan Asia Tenggara relatif kecil, hanya mencapai sekitar 3%," ujarnya pekan lalu.

Meskipun demikian, manajemen Samsung Mobile tidak menetapkan target pasar berdasarkan volume tertentu terhadap peluncuran ponsel multimedia Samsung Innov8 (serie i8510) yang dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel tersebut.

"Kehadiran Samsung Innov8 secara khusus bukan semata-mata diutamakan sebagai volume driver, melainkan lebih pada untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kelengkapan fitur yang lengkap terhadap fasilitas multimedia dan infotaiment demi menunjang kelancaran aktivitas bisnis mereka," katanya.

Jeong menyebutkan Vietnam dipilih sebagai pusat peluncuran Innove8 untuk kawasan Asia Tenggara karena posisi strategis bagi pengembangan pasar Samsung ke depan, termasuk Indonesia.

"Salah satu alasan adalah sebagai bentuk komitmen atau dukungan Samsung karena Hoo Chi Minh City sebagai kawasan yang memiliki posisi strategis, khususnya terkait dengan pembangunan pabrik Samsung Mobile di Vietnam yang dijadwalkan selesai pada tahun depan."

Sebelumnya, industri Samsung Mobile berada di Korea Selatan, India, China dan Meksiko. "Industri Samsung Mobile di sini nantinya direncanakan mendukung pemasaran Samsung untuk kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia," kata Argo Wibowo, Senior Manager Product Marketing PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

Masuk September

Argo menyebutkan untuk pasar Indonesia, Samsung Innov8 akan diluncurkan pada September 2008. "Tepatnya kapan masih belum definitif. Yang jelas dalam bulan Ramadan ini lah."

Dia juga tidak mengungkapkan secara khusus berapa target pasar yang dibidik untuk pasar Indonesia.

"Kami belum dapat angkanya. Kami kira samalah dengan yang disebut Jeong, yang penting kebutuhan konsumen atas perangkat yang bisa menunjang aktivitas bisnis dan infotaiment terpenuhi secara maksimal," katanya.

Dia menyebutkan fasilitas atau fitur infotainment dan bisnis itulah yang dibutuhkan konsumen. "Artinya, ponsel harus memiliki fasilitas yang komplit dan ringkas sehingga terkesan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Untuk itulah Innov8 diluncurkan."

Jeong menambahkan selain dilengkapi dengan kamera 8 megapixel, Samsung Innov8 juga memiliki fitur GPS dan WiFi, game, dan panoramic shot lengkap dengan lensa kecepatan 120 frame per detik.

"Dengan demikian, ponsel dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan gerakan lambat (slomotion) dengan hasil lebih halus dibandingkan lensa pada umumnya dengan kecepatan 15 frame per detik," katanya.

Samsung mulai merilis ponsel kamera pada 2004 dengan memperkenalkan ponsel kamera 5 megapiksel. Saat itu Samsung menjadi pemimpin pasar di kelasnya. Kemudian pada 2005 Samsung meluncurkan telepon kamera 7 megapiksel pertama.

(Sumber: bisnis.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar