05.01

Handphone Middle End

Diposting oleh Yorri Farli

BenQ-Siemens C31:
Serba Perak Fiturnya Semarak

Meski kabar bubarnya BenQ-Siemens terus beredar, pihak vendor masih belum mengeluarkan keterangan apapun alias bungkam seribu bahasa. Nggak aneh kalau akhirnya banyak orang berspekulasi mengenai nasib vendor yang punya masalah finansial ini. Ada yang ngomong udah tutup, ada juga yang bilang BenQ-Siemens masih bertahan. Mana nih yang bener?

Well, sebenarnya BenQ-Siemens masih ada kok, belum pisah apalagi cerai (emangnya artis). Meski kebangkrutan telah melanda divisi BenQ-Siemens di Jerman (dulunya Siemens Mobile), BenQ sebagai induk perusahaan tetap menjalankan proses produksi di pabriknya yang lain. Label BenQ-Siemens sendiri masih jadi hak BenQ selama 5 tahun sejak mereka mengambil alih Siemens pada tahun 2005. Jadi produk BenQ bisa dikasih nama BenQ-Siemens sampai 2010.

Kayak hape yang satu ini nih, BenQ-Siemens C31. Hape yang sebenarnya asli buatan BenQ ini bakal segera meluncur ke pasar dengan menyasar kelas menengah. C31 menawarkan banyak hal menarik dalam kemasan harga terjangkau. Wah, apa tuuh?
Desain
BenQ style sangat terasa pada desain C31. Bentuknya yang kecil dan sedikit membulat membawa kesan ciri khas hape-hape BenQ yang punya desain dinamis. Eh iya, mobilers masih inget sama Show Off BenQ-Siemens E81 di Majalah HP nggak? Kalau inget pasti setuju deh kalau C31 ini punya kemiripan dengan E81, terutama dari sisi desain. Makanya banyak yang bilang C31 adalah versi murahnya E81.

Kalau dibandingin sama hape Siemens, C75 misalnya, C31 lebih enak dilihat. Apalagi warnanya itu bo, kinclong abis. Perpaduan warna chrome dan silver di tubuhnya membuat C31 tampil eye catching. Sayang tubuh C31 gampang kotor, terutama di bagian list dan layar. Jadinya kita mesti rajin-rajin ngelap kalau habis pegang hape, atau kalau mau ribet dikit pake sarung tangan aja biar hapenya bersih terus.
Fitur
BenQ-Siemens C31 adalah hape middle end yang mengandalkan fitur multimedia. Fitur imaging (layar dan kamera) dan entertainment (pemutar musik, video plus radio FM) jadi sajian utama untuk memikat mobilers. Pihak pabrikan juga menambahkan beberapa fitur menarik yang bisa kita gunakan dalam keseharian. Termasuk fitur untuk mendukung urusan kerja.

Memang fitur ini bukan seperti office applications di hape-hape pintar, secara wujudnya bukan document viewer. Fitur pendukung kerja yang ada di C31 adalah Personal Secretary. Di sini ada fasilitas Answer Machine yang bisa membantu kita di saat nggak bisa mengangkat panggilan telepon, misalnya pas lagi rapat.

Fungsinya mirip layanan mail box operator, tapi dengan fitur ini kita nggak perlu mengaktifkan layanan operator karena fitur ini murni aplikasi hape. So, charge yang dikenakan sama seperti panggilan biasa (yang kena charge si penelpon). Sip banget nih.
Kinerja
Meski bertubuh kecil, BenQ-Siemens C31 nggak ada masalah waktu digunakan. Misalnya tombol, walau letaknya dipadatkan dengan desain tumpuk, mobilers masih bisa menekan tombol itu satu persatu dengan nyaman. Paling asyik tombol navigasinya, dengan ukuran yang cukup gede, tombol ini bikin kita enak menelusuri menu hape.

Layar C31 bisa dibilang cukup ‘wah’ untuk ukuran hape menengah. Bayangin aja hape ini udah pake layar TFT 262 ribu warna dengan jumlah pixel 176 x 220 pixel. So pasti layar C31 mampu menampilkan warna-warna dengan jernih dan halus, apik deh. Tampilan foto, video dan games jadi asyik diliatin.

Kualitas layar ini dimanfaatkan oleh BenQ dengan membenamkan kamera 1,3 Mpix di C31. Resolusinya beneran 1,3 Megapixel lho, bukan rekayasa atau interpolated picture kayak di hape merk lain. Kualitas hasil jepretannya sendiri nggak mengecewakan, meski dalam proses penjpretan kita harus ekstra hati-hati. Secara kamera C31 rada sensi sama gerakan, gerak dikit aja gambar dijamin blur.

Sekarang kita beralih ke fitur pendendang musik milik C31. Membawa aplikasi music player bawaan vendor, C31 mampu memainkan lagu dengan format MP3 dan WMA. Keluaran suaranya bisa lewat speaker dan headset. Kualitasnya juga sip, baik di speaker hape atau headset. Kita juga bisa atur equalizer biar suara lagu bisa cocok dengan selera.

Agak disayangkan pemutar musik C31 nggak support multitasking. Jadi kita nggak bisa ngapa-ngapain kalau lagi dengerin musik, kecuali menatap kosong layar hape. Yang aneh, fitur radio C31 justru bisa multitasking dengan hanya menekan tombol back. Enak gini, baca SMS dari pacar sambil dengerin lagunya Krisdayanti…aaah.

Kelebihan lain yang dimiliki C31 adalah hadirnya slot kartu memori MicroSD. Menurut pihak vendor, pengguna bisa nambahin kartu memori sampai yang berukuran 2 GB. Kita nggak perlu pusing mindahin file ke kartu memori (apalagi sampai beli card reader), secara di paket pembelian udah disediain kabel USB. Kita tinggal set hape jadi mass storage, trus drag and drop deh. Gampil!

Sebagai hape dengan harga terjangkau, pihak pabrikan juga harus melakukan penyunatan fitur. Kalau melihat fitur-fitur yang ada, C31 nyaris sempurna sebagai hape multimedia kelas menengah ke atas. Tapi disunatnya fitur konektivitas seperti Bluetooth dan Infrared, membuat C31 tampil sebagai hape mid-low. Untung aja masih ada port USB jadi kita bisa mindah-midahin file dengan mudah.
Opini!
Dengan harga sekitar 1,4 sampai 1,5 jeti, C31 menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap. Dari layar 262 ribu warna, kamera 1,3 Mpix, slot memori dan pemutar musik bisa kita nikmati di C31. Secara keseluruhan hape ini punya kualitas bagus meski nasib pabrikannya masih terkatung-katung.

Sumber : www.handphone.co.id/review/detail.php?merek=BenQ-Siemens&tipe=C31 - 20k -

0 komentar:

Posting Komentar